Bisnis Talk

Media Online Aggregator Indonesia

September 28, 2022

liputanhits.com/Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) akan mengumumkan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan -Ahmad Riza Patria melalui rapat paripurna.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Maulani mengatakan rapat paripurna tersebut merupakan prosedur yang harus dijalankan sebagaimana aturan yang telah ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Pengumuman pemberhentian Kepala Daerah dilakukan 30 hari sebelum masa jabatannya selesai.

“Jadi kami hanya melaksanakan prosedur saja,” ujarnya di DPRD Jakarta , Gambir, Jakarta Pusat, Senin 12 September 2022.

Sementara itu, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, penjadwalan tersebut telah disepakati seluruh jajaran Bamus yang hadir.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali dan jajarannya hadir sebagai perwakilan eksekutif.

“Berdasarkan masukan dari pimpinan dan anggota Bamus, telah disepakati rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022 pada 13 September mendatang,” ujarnya

Pras menjelaskan, penjadwalan paripurna tersebut merupakan amanat yang diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada seluruh jajaran DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota yang memiliki kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2022.

“Kemudian dalam edaran yang berisi amanat tersebut dituliskan bahwa kami diberikan waktu, paling lambat paripurna pengumuman pemberhentian itu dilaksanakan 30 hari sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir. Makanya kita tentukan sekarang,” ungkapnya.

Setor 3 Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

Selain itu, hari ini DPRD Jakarta juga akan mengumumkan tiga calon Penjabat (Pj) Gubernur yang akan dipilih melalui mekanisme Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab).

Baca Juga: Tunjukkan Aksi Royalitas, Penggemar BTS dari Seluruh Dunia Sumbangkan Uang untuk Pemulihan Banjir Atas Nama V

Tiga calon Pj Gubernur tersebut nantinya akan dipilih dari suara terbanyak yang muncul dalam Rapimgab.

Masing-masing sembilan fraksi akan mengusulkan tiga nama pilihan mereka dengan pertimbangan dan persyaratan yang telah diatur di dalam ketentuan perundang-undangan.

“Pokoknya satu dua tiga yang teratas siapa-siapa mereka yang terbanyak. Suara terbanyak dari nama yang diusulkan fraksi,” katanya.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://bisnistalk.com/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://bisnistalk.com/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”